Apa itu Blog dan Website

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu.
Blog dan Website Hi Guys! Kalian pasti pernah mendengar tentang "blog" atau "website". Karna ketika kita sedang mencari artikel-artikel di dunia maya pasti artikel tersebut di buat oleh seseorang dan dipublikasikan lewat blog/ website. Saya akan membahas sedikit tentang artikel tersebut.

Blog atau Website

Apa Itu Blog dan Website?

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu. Dikutip dari Wikipedia, blog atau web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah sebuah halaman website. Situs website atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Pertama kali, blog dipopulerkan oleh suatu platform milik Pyra Labs yang bernama blogger(dot)com.

Pernahkah kamu memiliki blog dengan akhiran blogspot? Nah itulah awal mula istilah “blog” dikenal publik. Dengan blog, kamu bisa tulis apapun yang diinginkan. Kamu bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman pribadi, resep makanan, tips dan trik dan sebagainya. Para penulis blog atau biasa disebut “blogger” biasanya akan mudah berkembang karena didukung oleh banyaknya komunitas blogger lokal maupun di internet.

 Apa Bedanya?

Sebenarnya sama! Pertanyaan ini sering muncul untuk para pemula. Saya memiliki blog, apakah blog juga bisa disebut website? Dikutip dari Merriam-Webster, menurut arti katanya, blog adalah website yang isinya konten online tentang tulisan pengalaman pribadi, video, ataupun gambar. Dan semua orang dapat memberikan komentar terhadap apapun yang diposting. Sedangkan website adalah sebuah halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting yang memiliki konten tertentu (Wikipedia). Jadi, blog adalah bagian dari website. Dari segi penulisan, blog lebih komunikatif dan lebih menarik. Sedangkan website, tergantung jenis website yang dibuat.

 Ide Blog

Mungkin dari kalian masih bingung pengen buat blog yang gimana atau temanya apa? Saya akan memberikan beberapa ide/ tema untuk kamu. Antara lain:
  • Blog Tutorial
Kamu bisa menulis tutorial berbagai hal. Misalnya, tutorial membuat website, tutorial cara membuat blog, tutorial memasak sayur kangkung, tutorial mengganti ban mobil dan sebagainya.
  • Blog Informasi
Blog ini membahas tentang informasi berbagai hal. Kamu bisa pilih informasi spesifik ataupun informasi global tentang bisnis, teknologi ataupun otomotif.
  • Blog Food dan Traveling
Buat yang suka jalan-jalan dan kulineran, mungkin blog food and traveling ini cocok untuk kamu.
  • Blog Review Produk
Siapa disini yang suka cari informasi dulu sebelum membeli suatu produk? Nah, buat yang melek teknologi ataupun suka membeli produk tertentu, kamu bisa buat blog review produk. Misalnya review produk handphone, laptop, komputer, otomotif dan sebagainya.
  • Blog Pribadi
Buat yang malas membuat blog dengan topik dan tema tertentu, tidak masalah. Buat blog pribadi saja! Kamu bisa tulis konten sesukamu dan semau kamu. Sudah banyak artis yang populer karena menjadi blogger misalnya Raditya Dika, Benazio Kribo, Shitlicious dan sebagainya.
  • Blog Politik
Untuk yang suka dunia politik, kamu bisa pilih membuat blog politik yang isinya tentang peraturan pemerintah dan pandangan-pandangan ke depan. Namun, jangan buat blog dengan konten hoaks dan menyebarkan kebencian ya.
  • Blog Kesehatan
Untuk yang berkecimpung di dunia kesehatan, berbagi ilmu kepada orang lain melalui blog juga bisa kamu pilih lho!
  • Blog Fashion
Kamu anak fashionable banget? Yuk bagi tips dan trik serta gaya fashion terbaru kamu melalui blog.
  • Blog Parenting
Sekarang ini, blog parenting juga banyak diminati. Banyak ibu-ibu yang “googling” di internet tentang tips dan trik bagaimana mengurus anak, tips memilih sekolah yang bagus dan sebagainya.
  • Blog Lifestyle
Nah agar tetap mengikuti tren, blog lifestyle bisa jadi pilihan.
  • Blog Riset
Kamu bisa tuliskan berbagai macam riset dan eksperimen tentang sesuatu dan sebagainya.

      Baca juga: Cara Membuat Blog lewat Blogger

Itulah artikel tentang blog dan website, apabila dari kalian yang masih bingung jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Mahasiswa & Gamer
© Ambyar Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain