Belajar HTML: Apa itu HTML? Pengertian dan Sejarah HTML

HTML merupakan wadah atau tempat bagi bahasa Pemrograman website lainnya. Mengenal HTML sangat penting untuk membuat sebuah website.
Apa Itu HTML - Hi Guys! Apa anda pernah mendengar tentang HTML? Ingin mengetahui lebih rincinnya? Saya akan jelaskan secara garis besarnya saja. Sebenarnya, mengetahui yang namanya HTML itu penting supaya bisa membuat website. Karna, merupakan dasar dari sebuah website.
Tenang saja, belajarnya itu susah-susah gampang asalkan anda serius dan tekun dalam belajarnya. Insyaallah, akan bisa menguasainya. Eh, ngomong-ngomong "HTML" itu bukan bahas pemrograman ok.

Apa itu HTMl?

 

Pengertian HTML

Menurut Wikipedia, Hypertext Markup Language adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi. Dengan kata lain, HTML merupakan wadah atau tempat bagi bahasa Pemrograman website lainnya.

Dengan halaman website anda dapat memberikan informasi ke berbagai penjuru dunia. Diimbangi dengan berkembangnya dunia internet sekarang, pembuat website atau blog sangat penting di kehidupan sekarang.
Sebenarnya mirip dengan bahasa sehari-hari yang sering anda gunakan, namun dalam penulisan di HTML anda harus memerlukan kode atau "Tag HTML" sehingga membentuk struktur kode dan halaman yang lengkap.
Contoh menulis tebal huruf "Internet" di dalam buku, maka jika di halaman website anda harus menggunakan tag HTML <b>Internet</b>. Karna tag <b> mempunyai format untuk mencetak tebal suatu string. Dan masih banyak contoh Tag HTML lainnya.
Tag-tag kerangka HTML telah membentuk struktur kode yang dapat digabungkan dengan bahasa program yang lain, yang dapat membuat suatu halaman website yang lebih baik. Sehingga dalam pembuatan website, HTML adalah ilmu atau pondasi yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Apa saja yang dapat di lakukannya:
  • Mengatur tampilan dan isi dari halaman website/ blog.
  • Membuat struktur di halaman website/ blog
  • Membuat form HTML
  • Menambahkan objek-objek lain, seperti: audio, video dan animasi.
Dan masih banyak sekali yang dapat dilakukan HTML. Dengan memahami struktur kode dan tag didalamnya anda bisa dengan mudah membuat halaman website yang baik.

Ditambah kode CSS yang merupakan pemanis atau mempercantik desain web, maka halaman web akan menjadi lebih indah.

Sejarah HTML

Menurut Wikipedia, Pada tahun 1980 ahli fisika Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen.

Sembilan tahun kemudian Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Dan pertama kalinya pada tahun 1991 sebuah dokumen dengan nama “Tanda HTML”,  disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee.

Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML, yang masih ada didalam HTML4.

Sejarah Versi HTML:

  • HTML 2.0 dipublikasikan pada tanggal 24 November 1995 sebagai IETF
  • HTML 3.2 dipublikasikan pada tanggal 14 Januari 1976 sebagai Konsorium World Wide Web
  • HTML 4.0 dipublikasikan pada tanggal 18 Desember 1997 sebagai W3C Recommendation
  • HTML 4.01 dipublikasikan pada tanggal 05 Mei 2000, yang distandarkan dengan ISO HTML
  • HTML 5 (stabil) dipublikasikan pada tanggal 28 Oktober 2014, dan menjadi standard HTML tertinggi saat ini
Didalam HTML 5 terbaru, banyak perubahan yang terjadi dari versi sebelumnya. Fitur baru yang sudah diterapkan antara lain: penanganan eror lebih banyak, Scripting diganti dengan lebih banyak markup, HTML5 menjadi device-dependent, proses pengembangnya bisa dilihat oleh public.
Dan fitur elemen HTML5 baru yang lain:
  • Elemen <canvas> untuk menggambar 2D.
  • Elemen <video> dan <audio> untuk memutar multimedia.
  • Elemen seperti <article>, <header>, <nav>, <section>, <footer>.
  • Kontrol di dalam Form seperti:  tanggal, kalender, nomor, email.

Baca juga: Struktur Halaman dan Contoh Program HTML

Hanya segitu yang dapat saya jelaskan tentang Belajar HTML: Apa itu HTML? Pengertian dan Sejarah HTML, bila ada yang mau di tanyakan silahkan comment di bawah. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Mahasiswa & Gamer

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar!
© Ambyar Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain