Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem

Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.
Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem
AmbyarBlog - Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

Untuk secara rincinya silahkan simak pembahasan berikut.

Pengertian Modem

Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Modulator atau yang sering disebut proses modulasi yaitu untuk proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses modulator dapat juga diartikan proses mengubahdata dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.

Demodulator yaitu proses untuk memperoleh kembali data yang telah dikirim oleh pengirim. Dalam proses ini data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital supaya dapat dikenali/ dibaca oleh komputer.

Jenis-Jenis Modem

Modem itu terbagi menjadi 2 jenis:
  • Jenis modem berdasarkan pemasangannya yaitu:
  1. Modem Internal yaitu sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard.
  2. Modem eksternal yaitu modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
  • Jenis modem berdasarkan jaringannya yaitu:
  1. Modem media kabel yaitu jenis modem ini menggunakan media perantara kabel ( contoh: jaringan telepon dan TV kabel)
  2. Modem tanpa kabel yaitu modem yang perantaranya tanpa menggunakan media kabel (contoh: modem Modem CDMA dan GSM)

Fungsi Modem

Secara umum, fungsi modem adalah sebagai hardware atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Fungsi modem lainnya yaitu :
  1. Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  2. Menghubungkan perangkat dalam jaringan.
  3. Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.
  4. Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.
  5. Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal.
Itulah Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem yang dapat saya jelaskan kepada sobat sekalian. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan baru untuk sobat. Sampai jumpa, sekian dan terima kasih,.
Mahasiswa & Gamer

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar!
© Ambyar Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain