Penyebab Artikel Lama Terindex Mesin Pencari Google

Inilah beberapa alasan kenapa artikel sobat lama terindex oleh mesin pencari Google.
Penyebab Artikel Lama Terindex Mesin Pencari Google
AmbyarBlog - Sobat pasti pernah mengalami hal artikel di blog lama terindex oleh Google walaupun sudah melakukan Submit ke Google Search Console (Webmaster). Namun memerlukan butuh waktu lama agar artikel terindex atau muncul di Google, tentu hal itu paling menyebalkan yang harus kita alami.

Artikel yang trending yang harusnya mampu menarik banyak vistor organik namun sebaliknya tidak mendatangkan vistor dikarenakan telat terindex. Berikut ini beberapa pengebab atau faktor yang membuat artikel sobat lama terindex.

Penyebab Artikel Lama Terindex

1. Artikel Hasil Copas (Copy Paste)

Hal ini sangat bertentangan dengan kebijakan google, karena setiap kita membuat konten untuk publik memiliki aturan atau hak cipta. Oleh sebab itu sobat kurangi dalam membuat konten dengan cara copas artikel memiliki orang lain.

Saran saya jika sobat kebingungan atau susah dalam membuat konten lebih baik jadikan artikel orang lain sebagai referensi dan buat artikel menggunakan pemahaman atau bahasa kita.

2. Struktur Template

Struktur template juga sangat berpengaruh dalam hal lama atau tidaknya sebuah artikel di blog untuk terindex. Namun bila sobat menggunakan template blogger premium yang original, maka hal itu tidak akan terjadi karena oleh developer (pengembang) sudah memaksimalkan kualitas SEO Friendly dan kerapihan dari struktur template tersbut.
Apabila sobat ingin template blogger premium dengan harga murah silahkan cek disini.

3. Peralihan Google Webmaster ke Google Search Console Baru

Ini juga menjadi faktor kenapa artikel kita lama terindex oleh google. Karena sejak tahun 2019 Google secara resmi menutup Webmaster Tools lama dan menggantinya dengan Search Console yang baru. Jadi bagi sobat yang memiliki blog atau website baru dan mendaftarkan situs mereka ke Google akan dihadapkan langsung ke Search Console yang baru.

4. Salah Setting

Diplatform blogger maupun wordpress ada menu pengaturan yang mengatur bagaimana perilaku google bot saat mengunjungi halaman apakah diperbolehkan atau tidak.

Ada 2 pengaturan sensitif disana:
Untuk blogger pergi ke menu dasar > privasi
  • Pertama : Tambahkan blog anda kemesin pencari kami ? pilih ya
  • Kedua: Biarkan mesin pencari menemukan blog anda ? pilih ya
Untuk wordpress pergi ke menu setting > pembaca = umum , search engine = allow

5. Faktor Langsung dari Google

Terkadang juga Google sering mengalami gangguan atau kendala yang sangat berat dari internal mereka. Namun tidak ada berita secara rinci penyebab gangguan yang dialami oleh Google tersebut.

Seperti yang terjadi beberapa hari banyak blogger yang mengeluh dikarenakan artikel mereka membutuhkan waktu lama untuk terindex. Sampai akhirnya Google pun mengumumkan melalui akun resmi mereka, bahwasannya ada gangguan secara internal sehingga artikel yang sobat submit ke Google Search Console tidak langsung terindex.

Itulah Penyebab Artikel Blog Lama Terindex Mesin Pencari Google yang dapat saya bagikan, apabila ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Mahasiswa & Gamer

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar!
© Ambyar Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain