Apa HTML Termasuk Bahasa Pemrograman?

Bahasa Pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalaskan fungsi tertentu, hanya instruksi standar saja.
Apa HTML Termasuk Bahasa Pemrograman?

Pemrograman - Hi Guys!
Apa HTML termasuk bahasa pemrograman?
Jawabannya "Tidak".
Kenapa? 
Pasti kebingungan. Pengen tau jawabannya?. Ok, Saya akan langsung ke pembahasannya secara garis besar saja. Cekidot!

Bahasa Pemrograman

Definisi Bahasa Pemrograman

Menurut Wikipedia, Bahasa Pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjelaskan fungsi tertentu, hanya instruksi standar saja. Bisa juga sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer.
Seseorang yang memahami bahasa pemrograman dapat menentukan data yang akan disimpan atau diteruskan, data mana yang akan di olah, dan langkah apa saja yang harus diambil dalam berbagai situasi.

Ciri-ciri Bahasa Pemrograman

  • Dapat memproses data dan membuat keputusan. Anda dapat menyimpan data seperti string teks dan integer, dan memanipulasi nilai-nilai ini untuk melakukan perhitungan. Misalnya, melakukan beberapa matematika atau menyotir teks secara alfabetis adalah jenis pemrosesan data yang tidak dapat anda lakukan dalam HTML.
  • Dapat membuat keputusan tentang instruksi apa yang harus mereka jalankan. Bergantung pada posisi tertentu benar atau salah, serangkai instruksi dapat dieksekusi atau dilewati oleh program.
  • Cara menjalankan instruksi berulang-ulang dalam loop. Perulangan, pernyataan if-else, dan instruksi lain semacam itu disebut pernyataan kendali aliran.
Semua bahasa pemrograman memiliki pernyataan kontrol aliran ini, tetapi "HTML dan Microsoft Word" tidak.

Perbedaan Bahasa Pemrograman dengan Bahasa Markup

Bahasa pemrograman itu terdiri dari perintah-perintah yang bisa meliputi logika pemrograma, deklarasi variabel, aritmatika dan lain-lain. Sedangkan Markup language (Bahasa Markup) seperti HTML tidak memiliki deklarasi variabel, logika algoritma dan lain-lain.

HTML saja tidak memiliki logika pemrograman, aritmatika, deklarasi variabel dan lain-lain. Mana bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman. Padahal syarat menjadi bahasa pemrograman adalah bisa menyelesaikan masalah dengan perintah-perintah seperti aritmatika, bisa juga mendeklarasikan variabel.

Kesimpulan

Bahwasannya HTML itu tidak termasuk Bahasa Pemrograman. Karna, merupakan akronim dari Hypertext Markup Language. Dari namanya saja sudah kelihatan kalau HTML itu bahasa markup, bukan bahasa pemrograman. HTML itu diibaratkan sebagai "wadah atau tempat" bagi bahasa pemrograman web, seperti PHP, Javascript.

Baca juga: 
Sekian penjelasan tentang Apa HTML Termasuk Bahasa Pemrograman? Semoga bermanfaat. Bila ada yang mau ditanyakan atau saran comment dibawah.
Terimakasih.
Mahasiswa & Gamer

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar!
© Ambyar Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain